KENALI TANDA-TANDA TUBUH KEKURANGAN GIZI

0 Comments

Rasanya sangat aneh ketika seseorang tinggal di tengah kota besar tetap mengalami kekurangan gizi.

Makanan yang ga bergizi menjadi salah satu penyebabb seseorang akan mengalami kekurangan gizi, karena tubuh tidak dapat menyerap komposisi dengan baik.

Penyebab Kurang Gizi

Kebutuhan primer kita yaitu makan tetapi makanlah bukan hanya sekedar untuk menutupi rasa lapar atau agar bisa merasakan rasa yang terdapat di makanan, tapi dengan kita makan akan memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Karena makanan dengan kandungan yang baik merupakan kunci agar tubuh tetap sehat. Tubuh juga butuh nutrisi selain kalori untuk beraktivitas, tapi vitamin, lemak, protein juga penting guna untuk membuat organ tubuh lebih baik.

Nutrisi yang dibutuhkan setiap orang akan berbeda tergantung dengan usia dan berat badan yang di milikinya.

Ketika nutrisi yang kita perlukan tidak bisa mencukupi akan menyebabkan tubuh mengalami beberapa gangguan.

Kekurangan gizi juga bisa dipicu karena kamau menjalani pola akan yang asal-asalan alias tidak ada kandungan apapun di dalamnya.

Kerurangan gizi pun dianggap sebagai gangguan kesehatan serius karena bsa menghambat pertumbuhan dan perkembangan pada tubuh, serta organ-organ yang ada di dalam tubuh kita ga akan bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Bahkan sebagian orang seperti tidak menyadari bila tubuhnya kekurangan gizi dan orang tersebut akan merasa bahwa dirinya sehar-sehat saja secara fisik, padahal dalam tubuhnya tidak. Jangan sampai masalah sepele ini bisa mengancam kesehatan kamu.

Kenali yuk tanda-tanda tubuh kekurangn gizi, apakah yakin bahwa kebutuhan gizi di tubuh kamu sudah terpernuhi?

1.Mudah Lelah

Ketika asupan nutrisi di tubuh kita kurang, kita akan mengalamu yang namanya mudah lelah. Setiap harinya, manusia pasti butuh minimal 1000 kalori dalam sehari.

Jika kalori yang masuk berlebihan maka akan disimpan sebagai lemak. Namun apabila kalori yang masuk kurang dari 1000 makan metabolisme kita akan turun dan membuat kita cepat lelah.

2.Rambut rontok

Rambut rontok yang hanya satu atau dua helai dalam sehari itu masih normal. Tapi pernahkah kamu mengalami rambut rontok secara berlebihan?

Sepertinya kamu harus lebih bisa mengontrol nutrisi apa yang masuk. Dengan kuranganya asupan protein za besi maupun nutrisi lain akan membuat kerontokan pada rambut.

3.Daya tahan tubuh menurun

Asupan nutrisi yang tidak seimbang bakan menyebabkan sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan, daya tahan tubuh ini sangat diperlukan bagi tubuh sabagai pelindung dari virus dan bakteri agar kamu tidak gampang terserang olah penyakit.

4.Penurunan berat badan

Sudah pasti hal ini terjadi. Karena ketika asupan gizi kamu kurang, berat badanpun cenderung akan turun. Hal inipun akan menyebabkan pipi kamu menjadi cekung.

5.Diet yang salah

ketika kamu diet, kamu harus memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Diet bukan berati ga makan loh.

Organ-organ dalam tubuh kita pun perlu bekerja, ketika kamu membiasakan untuk tidak makan yang ada lambung kamu yang akan kena.

6.Mengalami gangguan makan

Orang yang kekurangan gizi akan seseorang mengidap anoreksia nervosa. Itu juga bisa menyebabkan tubuh sulit untuk menyerap nutrisi karena tidak ada asupan yang masuk, selain itu bisa membuat radang usus. Menderita disfagia atau kesulitan untuk menelan.

7.Ekonomi

Kekurangan gizi yang ekstreme itu bisa juga dikarenakan ekonomi. Ekonomi yang kurang stabil mungkin membatasi seseorang untuk bias membeli makanan yang mereka butuhkan.

Itulah beberapa penyebab kenapa seseorang bias mengalami kurang gizi. Semoga hal ini tidak terjadi kepada kita ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *