PERNAH MERASA CAPEK TAPI GAK NGAPA-NGAPAIN? MUNGKIN INI SEBABNYA

0 Comments

Setiap orang akan selalu ada di merasa lelah, entah itu lelah pada pikiran ataupun fisik. Tapi pernah terlintas gak bahwa kita akan ada dimasa lelah dan capek segalanya, padahal gak ngapa-ngapain? Bahkan kita pun bingung, kayanya aktivitasnya biasa aja atau mungkin selama ini kamu dirumah tapi selalu ngerasa capek. Biasanya kalau kamu pernah merasakan kondisi seperti itu berati ada sesuatu dalam diri kamu yang gak beres.

Ternyata setelah ditelusuri, ada beberapa faktor nih yang buat kamu sering ngerasa cape padahal gak banyak ngelakuin sesuatu..

1.Kurang tidur

Memasuki usia dewasa, memang tidur itu sangat penting setidaknya sehari dapat 7 jam tidur. Nah biasanya kalau kurang tidur, kita akan merasa pusing, bahkan lama-kelamaan badan pun lemes. Gak hanya kurang tidur aja, tapi tidur pun harus bisa berkualitas. Jika pola tidurmu udah hancur, inilah yang bisa buat kamu capek gak jelas.

Tidur yang gak berkualitas sudah pasti gak nyenyak, bisa jadi kamu gelisah sepanjang tidur atau sering terbangun. Nah jangan sampai hal itu selalu terjadi, jika memang kamu gak ada kerjaan penting yang mengharuskan kamu begadang, mending tidurin ajadeh daripada maksain marathon film atau ngelakuin hal gak jelas lainnya. Coba dari sekarang mulai perbaiki waktu itu kamu, jangan dibiasakan begadang sengaja minum kopi agar terjaga semalaman.

2.Jarang Gerak

Orang yang kerjaannya sehari-harinya cuma rebahan, duduk depan komputer, tidur, sudah pasti bakalan cepat capek. Karena ototmu itu dibiarkan diam, padahal kalau sengaja digerakin kamu gak bakalan cape. Pernah kan merasa saat udah duduk lama terus pas berdiri ngerasa enak banget? tapi ketika jalan tiba-tiba lemes? Nah itu karena ototnya kaku. Yuk mulai dari sekarang perbanyak gerak, jangan malas untuk bergerak, kamu pun bisa ngelakuin beberapa aktivitas kok seperti bersih-bersih rumah, cuci mobil dan olahraga.

3.Banyak pikiran

Gak hanya fisik yang bisa capek, tapi pikiran pun bisa capek kalau digunakan secara terus-menerus. Apalagi saat banyak pikiran, pastinya otak kita akan dipaksa untuk memikirkan suatu hal yang penting, dengan begitu pikiran akan lelah dan bisa menyebar ke tubuh juga. jika kamu stress pun malah bisa membuat tubuh memproduksi hormon yang bisa menghadapi keadaan urgent. Gak kebayangkan kalau tubuh terus-terusan memproduksi hormon tersebut?

4.Punya Penyakit

Jika kamu bingung kenapa kamu sering ngerasa capek padahal kamu gak melakukan apapun bahkan kamu sehat-sehat aja, ada baiknya mending konsulitasikan ke dokter ya guys! mungkin kamu memiliki penyakit yang belum terdiagnosis sebelumnya karena ada beberapa penyakit yang memang bikin penderitanya lemes dan selalu ngerasa capek, seperti anemia dan kelenjar tiroid. So jangan takut untuk datang ke dokter, itu buat kebaikan kamu juga.

5.Pola diet yang salah

Untuk kamu yang sedang program diet harus benar-benar di perhatikan ya setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Bisa jadi gizi karena asupan gizi yang kurang malah membuat kamu merasa lelah. Kalau udah begitu sudah pasti aktivitas kamu bakal terhambat banget, jadi mulai sekarang perhatikan lagi menu diet yang kamu buat. Jangan sampai dietnya berhasil tapi kamu malah sakit.

Itu dia 5 hal yang bisa jadi pemicu saat kamu saat kamu selalu merasa kecapekan. Sekarang udah tau kan alasannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *