AKTIVITAS YANG TETAP BERJALAN SAAT SEDANG TIDUR

0 Comments

Apakah saat kita tidur tubuh kita ikut istirahat juga? tentu engga dong. Banyak orang yang beranggapan jika seseorang tidur berati seluruh organnya berhenti beraktivitas, padahal sebenernya saat tidur pun semuanya tetap berjalan seperti biasa, mungkin yang membedakan di intensitasnya saja. Semua organ tetap bekerja hanya saja menyesuaikan antara lagi tertidur dan bangun.  Tubuh dan otak pun tetap melakukan aktivitas yang menunjang saat kita tidur. Lalu kira-kira ada aktivitas apa ya terjadi saat kita terlelap?

Aktivitas Saat Tidur

1.Bernafas

Saat sedang tertidur, pastinya kita akan nafas namun tarikan nafas yang dihasilkannya lebih pelan dan panjang (kamu bisa lihat saat orang lain mengambil nafas ketika tidur). Namun saat masuk pada tahap REM, nafasmu akan mejadi bervariasi dan lebih cepat.

2.Denyut jantung

saat sedang tertidur juga, tekanan darah dan denyut nadi akan lebih menurun. Kondisi seperti inilah yang bisa memberi kesempatan bagi jantung untuk beristirahat dan pembulu darah untuk pemulihan diri.

3.Suhu pada tubuh menurun

Suhu tubuhmu akan menurun ketika 2 jam sebelum kamu bangun. Otak pun akan otomatis mematikan seluruh aktivitas thermometer pada tubuh. Suhu pada ruangan yang kamu pakai untuk tidur pun sangat mempengaruhi suhu tubuh, makanya lebih baik kamu tidur di ruangan yang sejuk ketimbang yang lebih panas.

4.Otak

Otak merupakan salah satu organ yang paling penting, karena seluruh aktivitas organ lainnya akan dijalankan oleh otak. Nah pada saat tidur, otak itu gak ada jam istirahatnya. Disaat organ lain intensitas kerjanya menurun, namun berbeda dengan otak yang dimana pada saat kita tidur otak malah sibuk. Saat tidur, otak akan memproses semua informasi yang telah didapatkan selama kita beraktivitas, semua memori akan disimpan dan malah menempel di otak. Tapi jika kamu mengalami mimpi, sel otak malah bergerak lebih aktif namun sangat ngacak.

5.Mimpi

Sampai sekarang masih belum ada yang tahu bagaimana mimpi bisa terjadi. Tujuan dari mimpi pun tidak jelas, pasti kalian pernah kan mimpi yang gak jelas juga?

6.Seluruh tubuh dan otak

Dengan tidur, kita bisa melepaskan semua beban ipikiran dan bisa menyelesaikan permasalahan yang belum terselesaikan sebelumnya. Tidur juga membuat kita bisa membersihkan informasih yang gak penting dan gak dibutuhkan oleh otak.

7.Pemulihan tubuh

Sel-sel yang ada dalam tubuh kita pun ikut meregenerasi dan terjadi perbaikan jika ada sel-sel yang rusak. Tak hanya itu, seluruh tubuh seperti otot, sel, organ yang telah dipakai seharian bisa direcharge saat tidur. Dengan begitu ketika bangun kita pun terasa hidup kebmbali, namun semua aktivitas tersebut tetap membutuhkan bahan kimi untuk bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8.Darah dan pengangkutan oksigen

Saat sedang terlelap, darah pun tetap dialirkan dan pastinya tetap membawa oksigen ke seluruh tubuh, otak, dan paru-paru. Darah ini akan dialirkan selaras dengan denyut jantung yang dihasilkan, karena setiap denyut jantung berdetak, saat itulah darah dialirkan juga.

9.Keseimbangan Hormonal

Saat tidur, tubuh cenderung akan memproduksi hormone yang lebih banyak. Ada yang untuk pertumbuhan ada juga hormone yang bisa memicu stress. Tak hanya itu saja, hormone lainnya juga akan ikut berdampak seperti, hormone leptin, hormone ghrelin yang bisa mengontrol rasa lapar. Makanya gak heran jika kamu begadang, kamu malah merasa lebih lapar dan akhirnya malah bikin gemuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *