CARA MENCEGAH PIKUN

0 Comments

Pikun merupakan suatu gejala saat seseorang sudah memasuki usia lanjut. Biasanya mereka akan mudah lupa untuk hal-hal penting, bahkan kalau yang sudah parah biasanya pikun ini gak bakalan kenal dengan orang terdekat. Sebenernya pikun ini bisa dirasakan sejak kita masih muda, walupun bukan pikun yang terlalu parah tapi kerap sekali seseorang lupa akan hal-hal yang baru saja terjadi.

Mulai dari hal kecil yaitu misalnya sering lupa atau susah untuk mengingat. Kalian akan berpikir bahwa itu adalah hal yang sangat manusiawi, tapi seiring bertambhan usia pastinya kemampuan otak dalam menyimpan sesuatu pasti akan berkurang. Jadi mulai dari sekarang, jika kamu sudah merasa mulai sering lupa atau sebagainya, gak ada salahnya untuk mencegah dengan cara-cara dibawah ini. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Langkah Pencegahan Pikun Dini

1.Bersosialisasi

Hal yang paling mudah dilakukan pertama ini adalah bersosialisasi. Dengan kita sering berinteraksi dengan orang lain atau sekedar mengobrol bisa meningkatkan pikiran sehingga membantu untuk mencegah pikun. Karena dengan bersosialisasi ini, otak akan dipaksa untuk mengingat serta ikut serta dalam menyimpan memori.

2.Tidur dengan cukup

Pada dasarnya setiap manusia selalu butuh tidur setidaknya tercukupi dalam 7 jam. Karena pada saat manusia tertidur, otak tetap akan bekerja untuk menyimpan memori-memori yang telah dilakukan sepanjang hari, mulai dari bangun tidur hingga tertidur. Tidur yang cukup juga bisa menimalisir risiko untuk pikun, hal ini juga untuk menghindari sel otak yang rusak.

3.Pola hidup sehat

Tidur yang cukup pun gak akan bekerja secara maksimal apabila gak di dukung dengan pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat ini bisa dilakukan sejak dini, karena saat masih muda energi kita pun masih banyak dan sanggup untuk melakukan aktivitas-aktivitas. Hidup sehat ini bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat. Mulai sekarang kurangilah makanan-makanan yang gak sehat seperti junk food, makanan yang mengandung banyak gula dan makanan yang cenderung berminyak.

Bagi kamu yang sering mengonsumsi alcohol pun lebih baik berhenti. Kamu bisa konsumsi 4 sehat 5 sempurna agar lebih optimal dan juga konsumsi makanan yang mengandung omega 3 agar kesehatan otak tetap terjaga.

4.Olahraga

Olahraga bukan cuma untuk kesehatan tubuh saja, tapi olahraga ini bisa membantu untuk meningkatkan fungsi otak dalam menyimpan memori. Olahraga pun gak harus yang berat-berat jika memang sudah tidak sanggup, cukup dengan jogging-jogging kecil selama 30 – 45 menit saja sudah cukup.

5.Meditasi

Meditasi bisa dilakukan saat kamu memiliki waktu senggang. Meditasi ini bertujuan untuk mencegah stress dan membuat pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Dengan begitu memori di dalam otak pun tetap akan terjaga dan juga meningkatkan fungsi otak.

6.Melatih Otak

Melatih otak ini bukan hanya dengan diberi edukasi, tapi bisa juga dengan cara bermain beberapa permainan. Dengan melatih otak ini bisa melatih konsentrasi, kemampuan solve problem. Kamu bisa mencoba permain seperti tetris atau permainan yang membuat kamu bisa berpikir lebih kritis. Selain bermain games pun, kamu bisa bermain alat musik.

7. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan bisa mencegah dari penyakit Alzheimer. Buat yang belum tahu, penyakit ini bisa membuat penderitanya menjadi pikun. Karena pada saat kita kelebihan berat badan atau obesitas, kemungkinan besar akan meningkatkan risiko penyakit lain seperti darah tinggi, kolesterol. Jika penyakit itu sudah menyerang kita, bahayanya saat masuk ke pembuluh darah yang terkoneksi ke otak. Sehingga sel otak bisa rusak karena masuknya penyakit tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *