PENYEBAB KULIT GATAL YANG BERUJUNG MENJADI MERAH

0 Comments

Penyakit atau gangguan yang menimpa pada kulit memang bisa dibilang akan menjadi hal yang memalukan. Kulit merupakan organ terbesar yang berada dibagian paling luar membuat orang lain bisa melihat kondisi kita. Gangguan atau gatal yang menyerang kulit umumnya sangat wajar terjadi, tapi kita harus tau dulu nih kira-kira penyebabnya apa. Kulit gatal bukan hanya karena digigit serangga atau luka, tapi ada beberapa kemungkinan bahwa kulit tersebut terkena penyakit dan iritasi terhadap sesuatu.

Lalu apa saja yang bisa menjadi faktornya?

1.Nyamuk

Nyamuk menjadi salah satu hewan yang dibenci oleh manusia. Saat seseorang terkena gigitan nyamuk, kulitnya pun bisa menjadi bentol serta merah. Bila gatalnya tak kunjung hilang pun bisa menyebabkan luka karena terlalu sering digaruk.

2.Rosacea

Penyakit kulit yang satu ii bisa disebabkan oleh alcohol, makanan pedas, stress, paparan matahari dan juga bakteri. Gejala yang ditimbulkannya pun berbeda-beda, tapi yang paling bisa identifikasi yaitu kulit wajah menjadi lebih merah dan kering.

3.Fifth Disease

Kulit merah dan gatal bisa juga disebut dengan fifth disease. Gejala yang timbul biasanya pipi menjadi merah, selain itu orang tersebut akan merasakan mual, sakit kepala, radang tenggorokan hingga demam. Penyakit ini lebih sering menyerang anak dibawah usia 15 tahun. Selain merah di pipi, fifth disease ini bisa menyerang kaki, tangan dan kaki.

4.Gigitan kutu

Mungkin kamu gak sadar apabila pernah menyentuh atau berkontak dekat dengan kutu, biasanya kemerahan dan gatal ini akan muncul di area betis bagian bawah.

5.Impetigo

Impetigo ini merupakan infeksi kulit yang biasanya menyerang anak-anak dan bayi. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri dan bisa menularkannya kepada orang lain. Selain bakteri, kesehatan kulit pun kurang higienis. Gejala yang ditimbulan biasanya berada di sekitaran dagu, mulut dan hidung. Gatal karena iritasi ini juga terkadang bisa menimbulkan cairan didalam kulit.

6.Ringworm

Penyakit selanjutnya yaitu bisa dibilang sebagai jamur kulit dengan gejala gatal yang membentuk lingkaran pada kulit. Tepat dilingkaran tersebut akan berwarna merah dan membuat gatal, sedangkan dibagian dalamnya tidak terdapat kemarahan. Jamur yang bisa menyebabkan ringworm ini salah satunya ada microsporum.

7.Dermatitis

Sebenernya tidak ada penyebab khusus yang bisa membuat seseorang terkena dermatitis, tapi penyebabnya itu biasanya dibuat sendiri oleh penderitanya. Orang tersebut mungkin tak akan sadar jika dirinya telah kontak langsung dengan zat yang bisa memicu alergi. Reaksi yang akan ditimbulkan dari biasanya mengalmai gatal dan tak jarang gatal tersebut bisa berujung nyeri.

8.Cacar air

Penyakit selanjutnya yaitu ada cacar, seperti yang sudah kita tahu bahwa cacar ini hanya akan menyerang selama 1 kali dalam seumur hidup. Pemulihan dari cacar ini cukup lama karena bekasnya bisa mengotori seluruh tubuh. Tak Cuma gajal dan perih yang bisa ditimbulkan dari cacar ini, tapi biasanya terdapat gejala lainnya seperti demam, radang tenggorokan hingga nafsu makan yang hilang. Penyakit ini juga sangat gampang menular, makanya jika seseorang yang terkena cacar gak boleh keluar rumah terlebih dahulu sebelum cacarnya kering.

9.Ruam popok

Tidak semua jenis popok bisa cocok pada kulit bayi. Ada kalanya beberapa merek yang membuat gatal pada kulit sehingga akan muncul kemerahan dibagian yang menyentuh dengan popok. Apalagi kulit bayi sangat sensitive akan hal baru, kemerahan ini pun bisa menyebabkan gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *