PANTANGAN YANG HARUS DILAKUKAN OLEH PENDERITA DIABETES

0 Comments

Diabetes merupakan penyakit yang cukup serius dimana kadar gula darah pada tubuh yang sangat tinggi. Sampai saat ini belum ada obat yang bisa mengobati atau menyembuhkan penyakit kronis yang satu ini, namun dengan mengubah pola hidup menjadi yang lebih baik bisa mengontrol kadar gula darah.

Diabetes adalah salah satu penyakit yang harus memperhatikan beberapa hal tertutama dalam mengonsumsi makanan dan harus menghindari makanan-makanan yang bisa memicu naiknya kadar gula darah. Asupan makanan ini sangat perlu diperhatikan oleh setiap penderitanya karena kalau tidak penyakit ini bisa menjadi lebih parah dan yang paling mengerikannya lagi bisa mnyebabkan kematian.

Kenapa harus memperhatikan apa saja makanan yang masuk ke dalam tubuh? Tujuannya kadar gula darah penderita tetap berada di batas normal. Diabetes ini sangat berisiko memicu penyakit lainnya, jadi lebih baik mencegah hal itu terjadi kan? Walaupun ada obat dan biasanya menggunakan suntikan untuk mengetahui apakah kadar gula sedang tinggi atau tidak.

Untuk mengubah pola hidup terutama pada makanan, kalian harus memperhatikan pantangan apa saja sih yang harus dihindari dan apa saja yang bisa dikonsumsi.

1.Karbohidrat

Sebenarnya karbohidrat ini bukan merupakan pantangan yang utama, kamu masih bisa mengonsumsinya asalnya dengan porsi yang sesuai. Seperti yang kita tahu bahwa karbohidrat misalnya nasi, memiliki kandungan gula yang tinggi. Jika kamu tak bisa mengontrol saat makan nasi, kadar gula bisa naik dengan cepat. Tak hanya nasi, makanan yang dibuat dari terigu pun harus bisa dihindari, kenapa? karena karbohidrat itu salah satu zat yang paling cepat diserap oleh tubuh untuk membentuk glukosa, makanya gula darah bisa cepat naik.

Ini adalah pantangan yang harus diperhatikan, kamu masih boleh kok mengonsumsinya asal jangan sampai berlebihan. Nasi putih bisa diganti dengan beras merah yang lebih banyak serat dan makanan yang terbuat dari tepung bisa kamu ganti dengan roti gandum.

2.Makanan berlemak

Makanan berlemak apalagi lemak trans ini harus sangat dijauhi bagi penderita diabetes. Lemak trans ini banyak ditemui pada gorengan dan keripik dalam kemasan. Kebayang kan bagaimana jahatnya perpaduan antara tepung dan minyak yang bisa menghasilkan kdar gula sangat tinggi. Tak hanya itu saja, lemak trans ini terkandung dalam selai, margarin dan juga makanan lainnya yang diawetkan.

Lemak trans ini memang tak berpengaruh banyak terhadap kenaikan gula darah, namun bisa berisiko tinggi menyerang pembuluh darah.

3.Minuman Manis

Mungkin pantangan yang satu ini adalah yang paling susah untuk dihindari namun harus dilakukan. Minuman manis memang enak dikonsumsi apalagi saat sedang haus dan panas. Tapi ternyata minuman manis ini mengandung gula jahat karena memakai gula biang atau pemanis buatan yang bisa membuat minuman bertahan lama. Minuman manis ini contohnya seperti minuman dalam kemasan, sirup, kopi dan minuman bersoda.

Sekalipun kamu minum jus yang memakai gula alami, itu pun harus dihindari. Gula itulah yang jahat dan malah membuat kadar gula pada tubuh menjadi tinggi. Untuk meyakinkan lagi apakah suatu produk mengandung gula atau tidak, kamu bisa lihat dibalik kemasannya.

Sebenarnya masih banyak lagi pantangan-pantangan yang harus dihindari, tak cuma yang disebutkan diatas saja. Biasanya dokter akan menyarankan apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh dimakan. Porsinya pun harus sesuai dengan takaran dan juga kamu harus bisa makan tepat waktu agar kadar gula bisa lebih stabil. Begitupun makanan yang diolah, kalian harus bisa menahannya karena tak semua makanan bisa di konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *